Cara Melancarkan Haid

Perubahan terbesar yang terjadi saat pertumbuhan adalah mulainya menstruasi. Menstruasi adalah keluarnya sedikit darah selama beberapa hari dari vagina setiap bulan. Hal ini mungkin terdengar menakutkan, tapi menstruasi menunjukkan kalau tubuh bekerja dengan baik.

Menstruasi atau perdarahan periodik normal uterus merupakann fungsi fisiologis yang hanya terjadi pada wanita. Pada dasarnya menstruasi merupakan proses katabolisme dan terjadi di bawah pengaruh hormon hipofisis dan ovarium. Menstruasi pertama, disebut menarke, biasanya terjadi pda usia 8-13 tahun. Berakhinya menstruasi, menopause normalnya terjadi pada usia 49-50 tahun. Namun demikian, tindakan pembedahan atau radiologis dapat menyebabkan menopause artifisial pada usia yang lebih dini.

Siklus haid normal umumnya tetap setiap 28 hari, tetapi interval 24-32 hari masih dianggap normal kecuali siklusnya sangat tidak teratur. Pada awal dan akhir masa reproduksi, siklus menstruasi mungkin tiak teratur dan tidak dapat diperkirakan, sebagai akibat kegagalan ovulasi.

Jangka waktu antara satu menstruasi ke menstruasi berikutnya biasanya sekitar 28 hari (4 minggu atau sekitar satu bulan). Tapi hal ini bisa berbeda-beda dari 20 ke 35 hari atau bahkan lebih lama, terutama pada wal menstruasi. Menstruasi bisa terjadi paling singkat 2 hari dan paling lama 8 hari.

Namun dalam perjalanan hidup, normalnya wanita mengalami periode menstruasi atau haid mulai dari usia remaja hingga menopause. Haid adalah proses keluarnya darah yang terjadi secara periodik atau siklik endometrium. Keluarnya darah dari vagina disebabkan luruhnya lapisan dalam rahim yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Pada saa atau akan haid, sering muncul keluhan, khususnya para wanita muda usia produktif. Keluhan ini tidak merupakan masalah kesehatan reproduksi saja, tetapi dapat juga mengganggu produktivitas wanita sehari-hari.

Namun tak semua wanita mengalami siklus haid yang lancar setiap bulannya. Banyak faktor yang menyertai mengapa seorang wanita mengalami haid yang tidak lancar, seperti faktor kelelahan, gangguan hormon, stress dan adanya gangguan beberapa penyakit yang di derita.

Mereka para wanita yang memiliki haid tidak lancara tentunya membuat rasa khawatir dalam hal medis haid yang tidak lancar dapat mengakibatkan suatu penumpukan darah kotor di dalam rahim wanita yang dapat bersumber menjadi suatu gangguan penyakit hingga masalah ketidak suburan.

Ada beberapa cara untuk membantu memperlancar haid dengan menggunakan ramuan herbal alami seperti

Ramuan 1 untuk melancarkan haid

Bahan yang diperlukan untuk melancarkan haid :

- 2 ibu jari kunyit
- ½ sendok teh biji ketumbar
- ½ sendok teh biji pala bubuk
- ½ genggam daun srigading

Cara membuat ramuan untuk melancarkan haid :

- Tumbuk halus semua bahan di atas, lalu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih. Saring kemudian diminum 1 gelas sehari.

Ramun 2 untuk melancarkan haid

Bahan yang diperlukan untuk melancarkan haid :

- 3 sendok makan bunga daun ungu yang sudah dikeringkan.
- Direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring.
- Diminum 3 hari menjelang datangnya haid


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Melancarkan Haid and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>